Kamis, 14 November 2013

Google Page Creator Sudah Di Ujung Tanduk


Tulisan ini tidak lepas dari apa yang pernah saya sampaikan sekitar hampir satu setengah tahun yang lalu tentang berakhirnya layanan Google Page Creator. Satu atau dua solusi pernah coba kita cari dan beberapa solusi itu mungkin ada yang cukup melegakan. Tapi ternyata, satu jalan menuju Roma tidak cukup. Masih ada banyak cara yang kita bisa ambil. Termasuk salah satunya adalah solusi migrasi yang ditawarkan Google [Blogger]. Sederhananya, ini adalah berita gembira, namun sekaligus peringatan terakhir sebelum file kawan-kawan yang berada di PageCreator benar-benar hilang nantinya.

Seribu maaf saya sampaikan karena saya tidak menyampaikan cara-cara migrasi secara detil disini. Tapi semoga rujukan yang dibuat Google di halaman ini, sudah sangat jelas dan dapat diaplikasikan langsung oleh kawan-kawan.

Kawan-kawan pengguna blogger (blogspot), yang belum melakukan migrasi (bila memang sempat menggunakan Google PageCreator) tentu mendapati semacam peringatan di halaman Dashboard akun Blogger untuk segera melakukan migrasi.


Tapi hal ini sama sekali tidak perlu dikhawatirkan, karena sebuah alat-bantu bernama Template Fixer akan membantu kita untuk menemukan Blog-blog mana saja yang masih mempunyai hubungan (mempunyai file yang berada) dengan Google PageCreator.



Dari sini, tentu saja setelah kawan-kawan login ke akun Google masing-masing, kita hanya perlu melakukan update referensi alamat baru dari source yang semula di Google PageCreator, ke tempat baru yaitu di Google Sites. Maka, semoga, semua sekam persoalan hosting file untuk blogger yang selama ini masih terombang-ambing bisa terselesaikan.

Ditulis sebagai pengingat untuk saya, dan yang menginginkan.


Hak cipta gambar "DEAD-END" ada pada funny-potato.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Leona blog - Posts · Comments
Powered by Blogger